Dampingi Anak saat Bermain Gadged untuk Hal Positif


Sekarang adalah era teknologi, banyak perangkat teknologi seperti smartphone, tablet atau gadget berkembang pesat, tentu saja banyak dari mereka menggunakannya bahkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Bagaimana jika anak-anak selalu bermain bagdet? Tentu saja orang tua menjadi cemas dan takut bahwa anak akan terganggu oleh pertumbuhan dan perkembangan, baik dari segi kesehatan maupun pola pikir.

Namun, gadget sebenarnya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dan pakar kesehatan juga memungkinkan anak-anak untuk bermain gadget dengan pengawasan orang tua dan membatasi penggunaan gadget itu sendiri.

Batasi penggunaan gadget untuk anak-anak 1 jam per hari dan lakukan aktivitas setelah selesai bermain gadget seperti olahraga, membaca cerita, dan sebagainya, sehingga keseimbangan pertumbuhan dan perkembangan tetap terjaga.

Dampingi Anak saat Bermain Gadged untuk Hal Positif
Untuk membantu perkembangan anak-anak dengan bermain menggunakan anak-anak, orang tua harus secara aktif memantau dan menemani anak-anak saat bermain gadget, ini adalah manfaat dari gadget untuk perkembangan anak.

Merangsang keterampilan motorik
Saat bermain gadget, keterampilan motorik anak-anak akan aktif, karena ketika menggunakan gadget koordinasi mata, mulut, tangan dan jari akan terlibat secara tidak langsung, dan inilah sebabnya gadget dapat melatih keterampilan motorik anak-anak selama pertumbuhan mereka.

Latih Keterampilan Kognitif
Banyak permainan yang tersedia di gadget seperti game pendidikan, teka-teki, kuis, dan lainnya yang dapat merangsang cara berpikir, mengingat, membuat rencana, dan menyelesaikan masalah dalam permainan, itulah sebabnya keterampilan kognitif anak-anak akan berkembang dengan baik.

Merangsang kreativitas
Selain permainan ada juga sejumlah aplikasi gadget seperti mengambang, mewarnai dan lainnya yang dapat merangsang kreativitas anak-anak sehingga mereka dapat melatih keseimbangan otak kanan dan kiri anak.

Itulah beberapa manfaat gadget untuk perkembangan anak yang sedang tumbuh, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan gadget masih memiliki dampak negatif seperti kecanduan bermain sendiri, oleh karena itu, bantuan dan pengawasan dari orang tua sangat penting.