Selamat Hari Belanja Online Nasional 2019


Harbolnas - Dengan semakin meningkatnya kualitas dan luas layanan internet di Indonesia, masyarakat Indonesia semakin berminat terhadap belanja online. Apalagi dengan adanya pengalaman menyenangkan dan kemudahan yang dirasakan saat berbelanja online seperti tanpa perlu menghabiskan banyak waktu  pergi ke mall dan mengantri di kasir. Di Indonesia ada hari yang dinamakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) ialah kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai  e-commerce di Indonesia, merupkan festival belanja online terbesar di Indonesia yang diselenggarakan  selama satu hari yaitu pada 12 Desember dengan dukungan dari sejumlah mitra, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012 dengan tajuk cantik promo 12.12.12, perayaan ajakan untuk berbelanja online yang dipelopori oleh Lazada dengan cara memberikan promo spesial dan diskon besar. Inisiatif ini dari Lazada Indonesia, Zalora, Blibli.com, Bukalapak dan beberapa e-commerce lain.

Selamat Hari Belanja Online Nasional 2019
Selamat Hari Belanja Online Nasional 2019
Harbolnas ini merupakan hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja online aman dan nyaman yang bisa dilakukan kapan  saja. Selain itu, dengan diadakannya Harbolnas dapat memajukan industry  e-commerce di Indonesia sebagai Negara dengan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi yang saat ini sudah lebih 63 juta pengguna. Hari belanja online nasional juga didukung oleh media besar sepert Detik, Tempo, Kompas dan Yahoo. 

Ada beberapa perayaan yang di Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang yang menjadi dasar diadakannya Harbolnas seperti perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday. Perayaan ini diadakan setelah  Thanksgiving Day dan para peritel mengadakan promo dan diskon besar untuk menarik konsumen berbelanja online. Perayaan belanja Black Friday merupakan dasar diadakannya Cyber Monday dan Black Friday identik dengan dimulainya musim belanja Natal.  Selama perayaan hari belanja Black Friday, toko-toko buka lebih lama dan berlomba-lomba menawarkan diskon besar-besaran atau cuci gudang untuk menarik pembeli. Mengapa diisebut Black Friday, karena pada hari tersebut neraca pembukuan mereka berubah dari merah (rugi) menjadi hitam (untung). Namun, para retailer akan mendapatkan banyak profit dari penjualan besar ketika menjelang natal dan libur Thanksgiving day (Black Friday). Dalam praktik akuntansi dan keuangan, hal tersebut juga berdampak positif dalam pembuatan laporan tahunan dan annual report.

Di Indonesia, ketika pertama kali diadakankan pada tahun 2012 lalu, aksi ini hnya diikuti oleh tujuh e-commerce. Dan akhirnya pada tahun 2013 diperkenalkan istilah Hari Belanja  Online Nasional dan mendapatkan respon yang positif. Dari berbagai rilis yang dikeluarkan, bisa diasumsikan bahwa harbolnas 2013 ini memecahkan rekor penjualan online di Indonesia. Dan di tahun 2014 jumlah peserta menjadi 72 e-commerce yang masing-masing memberikan penawaran bagi para konsumen secara online mencapai 90%. Peserta terdiri dari toko online terkemuka seperti Blibli.com, Tokopedia, Lazada, Zalora dan Elevania.

Menginjak usia yang ketujuh, kini Harbolanas dengan lebih dari 300 e-commerce yang berpartisipasi  yang umumnya mereka yang bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA). Kamu bisa mendapatkan berbagai macam promo terbaik dan diskon cukup besar  yaitu mencapai 80% dari e-commerce tersebut.

Harbolnas  pada tahun 2019 ini akan dimeriahkan oleh lebih dari 300 e-commerce Indonesia yang akan dimulai tanggal 11 hingga 12 Desember 2019. Pada tahun ini akan ada peserta yang menyediakan produk-produk lokal yaitu pada tanggal 11 Desember 2019.

Cara mudah agar kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan yaitu dengan merencanakan belanja jauh-jauh hari; jangan hanya tergiur dengan diskon besar; memantau flash sale; memakai perangkat dan koneksi internet yang memadai; dan pertimbangan soal pengiriman.